Cari Blog Ini

Follow Me! @Elvarettags

@elvarettags

Minggu, 15 Oktober 2017

Perawatan Tepat untuk Rambut Diwarnai

Dok. Pribadi
Pewarnaan rambut menjadi salah satu cara wanita dalam mengubah penampilannya. Akan tetapi, rambut berisiko menjadi lebih rapuh dan kering karena terkena proses kimia. Untuk menghindari hal tersebut, rambut yang diwarnai membutuhkan perhatian lebih dalam perawatannya.

Perawatan ekstra dilakukan untuk menghindari masalah yang sering muncul setelah pewarnaan rambut. Masalah tersebut di antaranya rambut kering, pecah-pecah, serta warna rambut yang kusam karena memudar. Maka dari itu, lakukan cara-cara berikut setelah Anda mewarnai rambut agar rambut tetap sehat dan berkilau.


   1. Gunakan Sampo Khusus
Pastikan Anda menggunakan sampo khusus rambut yang diwarnai. Usahakan jangan menggunakan sampo anti ketombe dan berminyak yang dapat melunturkan warna rambut. Kandungan dalam sampo khusus memberikan nutrisi pada rambut supaya tetap kuat dan halus. Selain itu, sampo khusus memiliki formula yang lembut sehingga tidak mengikis warna rambut, melainkan membuat warnanya semakin terlihat dan tampak berkilau.

    2. Rajin Gunakan Conditioner
Conditioner mempunyai fungsi menjaga kelembapan dan memberikan nutrisi pada rambut agar ujungnya tidak mudah kering dan kasar. Di samping itu, conditioner menjadikan rambut lebih halus serta mudah diatur. Gunakan conditioner dari batang hingga ujung rambut. Usahakan untuk tidak sampai ke akar rambut atau kulit kepala karena akan menimbulkan jamur (ketombe) pada kulit kepala. Pilihlah conditioner sesuai dengan sampo yang Anda gunakan untuk hasil yang lebih maksimal.

    3. Jangan Keramas Setiap Hari
Mencuci rambut setiap hari dapat melunturkan warna rambut dan membuatnya kering maka usahakan keramas 2-3 hari sekali. Bila rambut sudah berminyak sebelum batas waktu keramas, gunakanlah dry shampoo. Dry shampoo dapat membuat rambut lebih bervolume dan wangi. Penggunaannya cukup disemprotkan pada akar rambut, lalu sisir tanpa perlu dibilas. Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan bedak bayi.

    4. Keramas dengan Air Dingin
Air hangat atau panas dapat menyebabkan warna rambut cepat memudar serta mengurangi kelembapannya. Akibatnya, rambut menjadi kusam dan kering. Oleh sebab itu, usahakan mencuci rambut dengan air dingin.

    5. Pakai Serum Setelah Keramas
Setelah Anda keramas, jangan lupa gunakan serum khusus rambut yang diwarnai. Serum mengandung banyak vitamin yang berfungsi untuk melindungi rambut dari sinar matahari dan memperbaiki kondisi rambut agar tetap sehat serta berkilau.

    6. Masker Rambut Seminggu Sekali
Masker rambut berfungsi untuk memberikan nutrisi agar rambut tetap sehat berkilau walaupun sudah terkena bahan-bahan kimia. Pilihlah masker khusus rambut yang diwarnai atau masker rambut dengan ekstra pelembap. Dengan begitu, kemungkinan rambut yang kering dan pecah-pecah dapat diminimalisasi. Penggunaan masker rambut dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan resep masker alami atau membelinya di pasaran.

    7. Minimalisasi Penggunaan Produk Penataan Rambut
Proses penataan rambut, terutama yang melibatkan panas, seperti hair dryer dan catokan membuat rambut menjadi rusak dan kusam. Usahakan hindari berbagai macam produk penataan rambut. Jika memang benar-benar diperlukan, gunakan serum sebelum memulainya serta gunakan suhu terendah.

Demikianlah kiat-kiat untuk merawat rambut yang diwarnai supaya terhindar dari kerusakan rambut serta warna yang pudar dan kusam. Terapkan tips tersebut agar rambut berwarna tetap sehat dan berkilau, ya!

4 komentar:

  1. Waduh kak, kalo rambut cowo mau di warnain pake pewarna rambut cewe bisa ga sih? Apa tipikalnya beda? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, bisa saja kak. Hanya, sebelum mewarnai rambut, kakak mencoba uji sensitivitas dengan melakukan tes kecil dibagian kulit. Jadi kakak bisa tau deh, pewarna rambutnya cocok atau tidak dengan kulit😊

      Hapus
  2. Anonim07:42

    Berguna banget infonya buat yang pengen bergaya tapi ga pengen rambutnya rusak.. Soalnya banyak banget liat orang yang rambutnya di warnain trus jadi rusak/bercabang gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang kalau tulisannya dapat berguna😊 Yap betul sekali, tulisan ini juga berdasar pada pengalaman saya saat mengalami kerusakan setelah mewarnai rambut hehe😅

      Hapus